Enam Belas Guru Tsabiwa Ikuti Pelatihan MOOC Pintar

๐™๐™จ๐™–๐™—๐™ž๐™ฌ๐™–๐™ฃ๐™š๐™ฌ๐™จ_Rensing- Sebanyak enam belas orang guru Madrasah Tsanawiyah Birrul Walidain NWDI Rensing (Tsabiwa) mengikuti pelatihan Massive Open Online Course (MOOC) Pintar angkatan 1 yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI. Pelatihan online mandiri yang berlangsung sejak tanggal 26 hingga 31 Januari 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan di madrasah.
Ada 3 jenis pelatihan yang diikuti 16 guru Tsabiwa yakni Microlearning : Membuat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA) sebanyak 11 guru, Terampil membuat Makalah Best Practice Pembelajaran sebanyak 1 guru dan Web-Based Pengelolaan Pembelajaran sebanyak 4 guru. Dalam pelatihan ini, para guru akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan teknis atau metode pembelajaran dalam kurikulum merdeka terutama terkait implementasinya dalam kegiatan belajar mengajar.
Kepala MTs Birrul Walidain NWDI Rensing, Nuruddin,M.Pd mengungkapkan Pelatihan ini merupakan kesempatan yang sangat bagus bagi para guru Tsabiwa untuk mengembangkan kemampuan teknisnya terkait metode dan pengembangan pembelajaran yang dapat diaplikasikan dengan baik dalam lingkungan madrasah. Pelatihan ini sangat simpel hanya mendaftarkan secara mandiri di akun pintar kemudian memilih satu jenis pelatihan setelah itu tinggal klik vidio pelatihan di akun pintar masing-masing dan di setiap materi ada ujiannya.
Pelatihan MOOC Pintar Kementerian Agama ini menjadi salah satu upaya konkret pemerintah dalam mendukung pendidikan berkualitas di era digital. Para guru tak perlu tatap muka bisa belajar online secara mandiri kapan dan dimana saja sehingga aktifitas lain bisa dikerjakan. Keikutsertaan guru dalam pelatihan ini tidak mengganggu tugas guru dalam mengajar di kelas namun bisa diikuti dari rumah, atau madrasah setelah jam ngajar selesai. Dengan adanya inisiatif semacam ini, diharapkan guru-guru tsabiwa dapat terus mengembangkan diri dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia pendidikan yang semakin canggih dan dinamis.
Pelatihan ini akan berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 26-31 Januari 2024, dan diharapkan para guru peserta pelatihan dapat mengaplikasikan pengetahuan baru mereka dalam praktek pembelajaran di dalam kelas.
Humas Tsabiwa

Tulis Komentar anda di sini

Next Post

KKMTs Sakra Barat Gelar Temu Kenal Dengan Pengawas Madrasah Yang Baru

Sab Feb 3 , 2024
Tsbiwanews. Dalam suasana yang penuh keceriaan, Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kecamatan Sakra Barap, pada hari Sabtu, 3 Februari 2024, menggelar acara temu kenal dengan pengawas madrasah tsanawiyah yang baru, bapak Muh. Nurhasanah, M.Pd. Acara ini menjadi momen penting untuk menyambut pengawas baru yang menggantikan Drs. H. Masrun, M.Pd, pengawas […]

Artikel Terkait yang mungkin anda suka:

Mts Birrul Walidain NW Rensing