Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Madrasah Tsanawiyah 2024

Pemerintah Indonesia telah resmi menerbitkan Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) Madrasah Tsanawiyah (MTs) 2024. Kisi-kisi ini disusun oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai acuan bagi guru dan madrasah dalam menyusun soal-soal UN MTs 2024.

Perubahan Format UN MTs 2024

UN MTs 2024 berbeda dengan UN MTs tahun sebelumnya. Pada tahun 2024, UN MTs tidak lagi menggunakan format ujian berbasis kertas dan pensil (Paper Based Test – PBT), melainkan menggunakan format ujian berbasis komputer (Computer Based Test – CBT).

Materi Ujian Nasional MTs 2024

UN MTs 2024 akan mengujikan 5 mata pelajaran, yaitu:

  1. Al-Quran Hadis
  2. Fiqih
  3. SKI (Sejarah Kebudayaan Islam)
  4. Bahasa Arab
  5. Matematika
Baca juga :  Ulasan Lengkap tentang Tips Belajar Efektif untuk Madrasah Tsanawiyah

Kisi-kisi UN MTs 2024

Kisi-kisi UN MTs 2024 memuat cakupan materi dan tingkat kesulitan soal untuk setiap mata pelajaran. Cakupan materi mengacu pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Tingkat kesulitan soal dibagi menjadi 3 level, yaitu: mudah, sedang, dan sulit.

Akses Kisi-kisi UN MTs 2024

Kisi-kisi UN MTs 2024 dapat diakses secara resmi melalui situs web Kementerian Agama Republik Indonesia atau melalui situs web madrasah masing-masing.

Tips Mempersiapkan Diri untuk UN MTs 2024

Dengan adanya perubahan format UN MTs 2024, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri:

  • Pelajari kisi-kisi UN MTs 2024 dengan cermat.
  • Pahami cakupan materi dan tingkat kesulitan soal untuk setiap mata pelajaran.
  • Latihan soal-soal UN MTs tahun sebelumnya.
  • Gunakan berbagai sumber belajar, seperti buku pelajaran, modul belajar, dan internet.
  • Ikuti bimbingan belajar (jika diperlukan).
  • Jaga kesehatan dan stamina.
  • Tetap semangat dan fokus dalam belajar.
Baca juga :  𝗛𝗮𝗿𝗶 𝗦𝗮𝗻𝘁𝗿𝗶, 𝗠𝗲𝗺𝗽𝗲𝗿𝗶𝗻𝗴𝗮𝘁𝗶 𝗣𝗲𝗿𝗷𝘂𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗱𝗮𝗻 𝗞𝗼𝗻𝘁𝗿𝗶𝗯𝘂𝘀𝗶 𝗣𝗼𝘀𝗶𝘁𝗶𝗳

Kesimpulan

Kisi-kisi UN MTs 2024 merupakan acuan penting bagi guru dan madrasah dalam menyusun soal-soal UN MTs 2024. Dengan memahami kisi-kisi ini, siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menghadapi UN MTs 2024.

Sumber Informasi:

Catatan:

Informasi dalam ulasan ini berdasarkan informasi yang tersedia pada saat penulisan. Ada kemungkinan informasi tersebut berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya selalu periksa informasi terbaru dari sumber resmi.

Tulis Komentar anda di sini

Next Post

Ulasan Lengkap Materi Pelajaran Madrasah Tsanawiyah Kelas 7, 8, dan 9

Kam Mei 2 , 2024
Madrasah Tsanawiyah (MTs) adalah jenjang pendidikan Islam setingkat SMP yang ditempuh selama 3 tahun, yaitu kelas 7, 8, dan 9. Materi pelajaran di MTs dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, baik di madrasah aliyah (MA) maupun sekolah umum. Materi Pelajaran […]

Artikel Terkait yang mungkin anda suka:

Mts Birrul Walidain NW Rensing