Delapan Belas Kamad MTs Kec. Sakra Barat Ikuti Pelatihan PKB 2022

Tsabiwanews. Sebanyak 18 orang kepala Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Sakra Barat Kab. Lombok Timur mengikuti Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kepala Madrasah Tahap II Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) Kecamatan Sakra Barat Kab. Lombok Timur mulai tanggal 7 sampai 12 November 2022 bertempat di aula Kantor Desa Rensing dan aula MTs NW Bagik Nyala.

 

Pelatihan PKB Kepala Madrasah Tsanawiyah ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur H. Sirojuddin,MM di aula kantor Desa Rensing pada hari Senin, 7 November 2022 lalu bersamaan dengan 3 kelompok kerja yang menggelar program yang sama yakni Kelompok Kerja Madrasah Aliyah Sakra Barat, KKM Madrasah Aliyah Kec. Sakra Timur dan KKM Madrasah Ibtidaiyah Kec. Sakra Timur sehingga acara pembukaanya dilaksanakan pada satu tempat namun pelaksanaan pelatihan di tempat KKM masing-masing.

 

Turut hadir dalam pembukaan PKB tersebut Kasubag TU Kementerian Agama Lombok Timur H. Suardi,SH,M.Pd.I, Kepala MTs se Kec. Sakra Barat, Kepala Madrasah Aliyah se Kec. Sakra Barat, Kepala Madrasah Aliyah se Kec. Sakra Timur dan Kepala Madrasah se Ibtidaiyah Kec. Sakra Timur, dan dua pengawas pembina madrasah yakni Drs.H. Masrun,M.Pd dan H. Muhammad Saleh,S.Ag.,M.Pd.

 

Usai pembukaan bersama pelatihan PKB di aula kantor desa Rensing, esok harinya mulai Selasa, 8 November 2022 hingga sabtu, 12 November 2022 di MTs NW Bagik Nyala, 18 peserta dari unsur kepala madrasah tsanawiyah atau wakil kepala yang mewakili mengikuti materi IN dari pagi hingga sore hari dan praktik On Job Learning (OJL) di madrasah masing-masing.

Baca juga :  Juknis Penulisan Blangko Ijazah RA dan Madrasah Tahun 2022

 

Kedelapan belas peserta PKB tersebut yaitu Ketua KKMTs Sakra Barat yang juga kepala MTS Negeri 4 Lombok Timur Muslihin, S. Pd, Kepala MTs NW Bagik Nyala Drs.H.Muhammad Syapiuddin,M.Pd.I, Kepala MTs NW Bungtiang Drs. H. Marzuki, HS, M.Pd.I, Kepala MTs NW Rensing Zulkifli,S.Ag, Kepala MTs Birrul Walidain NW Rensing Nuruddin,M.Pd, Kepala MTs NW Pengkelak Mas H. Asman Mujiburrahman,S.Pd, Kepala MTs NW Tampih H. Gufran,S.Pd., Kepala MTs Al-Mukhtary NW Bungtiang Moh. Maliki Nazri.S.Pd.I, Wakil Kepala MTs NW Gunung Rajak Ruhil Jannah,S.Ag.,M.Pd, Wakil Kepala MTs NW Mengkuru Muh. Zarkawi,S.Pd. Kepala MTs NW No. 2 Rensing H. Saparudin,S.Pd.I, Kepala MTs NW Sukarara Husnul Khotimah,S.Pd.I, Kepala MTs Darul Fatihin NW Gerintuk Drs.H. Muhammad Saleh, Kepala MTs NW Pejaring Sudarman,M.Pd, Kepala MTs NW Kembang Are Halil,S.Pd.I, Kepala MTs Jauharunnawiyah Wal Arsyadiyah NW Borok Saharuddin,SE, Kepala MTs Mamba`ul Barokah NW Borok Jafar Hamdi,S.Ag.,M.Pd.I, Kepala MTs Darul Abidin NW Gerisak Semanggleng M. Hafizuddin Adnan,S.Pd dan Dari unsur pengurus KKMTs/Wakil Kepala MTS Negeri 4 Lombok Timur Maswan,S.Pd.

 

Adapun pemateri dalam pelatihan PKB kepala madrasah adalah Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur H. Sirojuddin,MM berbicara tentang kebijakan pelatihan PKB, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kab. Lombok Timur H. Suardi,SH.,M.Pd.I berbicara tentang Moderasi beragama dan Muhammad Syakirin,S.Ag.,M.MPd berbicara manajerial, supervisi dan kewirausahaan

 

Dalam sambutannya sekaligus menyampaikan materi tentang kebijakan PKB, Kepala Kantor Kemenag Lotim H. Sirojudin menekankan pentingnya peningkatan kompetensi kepala madrasah, tenaga pendidik dan tenaga pendidikan untuk mengelola dan mendidik peserta didik di madrasah masing-masing. “oleh karena itu dengan adanya bantuan pelatihan PKB bagi KKM dan Pokja MGMP dari pusat ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahun kepala madrasah dan guru sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kemajuan madrasah” ungkap kepala Kemenag.

Baca juga :  Kamad Tsabiwa Luncurkan Aplikasi Website MTs Birrul Walidain Untuk Pengguna HP Android

 

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah proses dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional kepala sekolah/madrasah yang dilaksanakan berjenjang, bertahap, dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan manajemen dan kepemimpinan sekolah/madrasah.

 

PKB dilakukan secara terus menerus karena PKB berkaitan dengan pengembangan diri dalam rangka peningkatan kinerja dan karir kepala Madrasah. PKB bagi kepala madrasah memiliki tujuan umum untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, dan kinerja profesional kepala sekolah/madrasah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didiknya.

 

 Ketua KKMTs Kec. Sakra Barat Muslihin,S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa dasar pelaksanan kegiatan pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yakni Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5282 tahun 2022 tentang penetapan penerima bantuan kelompok kerja guru dan tenaga kependidikan madrasah tahap 2 tahun 2022. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diwujudkan dalam proyek Madrasah Education Quality Reform. yaitu program investasi Sumber Daya Manusia yang dikembangkan oleh Kementerian Agama RI berkolaborasi dengan world Bank (Bank Dunia) sebagai penyandang danaannya melalui skema hibah/bantuan.

Baca juga :  Jelang ANBK 2021,Siswa Tsabiwa Ikuti Gladi Bersih

 

“Atas nama panitia dan KKMTs kami mengharapkan kepada semua peserta PKB ini, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sampai selesai dengan harapan adanya perubahan mindset dan meningkatkan kompetensi yang bermuara pada peningkatkan kualitas pendidikan dimadrasah” Ungkap Kepala MTsN 4 Lombok Timur ini.

 Terpisah Kepala MTs Birrul Walidain (Tsabiwa) Nuruddin,M.Pd mengungkapkan bahwa pelatihan yang di ikutinya tersebut sangat menunjang pelaksanaan kinerjanya selaku kepala madrasah karena materi dalam pelatihan ini sangat berkaitan dengan tugas-tugas dan fungsi sebagai Kepala Madrasah terutama bidang moderasi beragama, manajerial, supervisi akademik dan kewirausahaan. Tak hanya itu peserta pelatihan selama dua hari juga mempraktikkan materi on job learning (OJL) yang sudah disampaikan oleh pemateri di dalam ruangan terutama materi supervisi akademik, kepala madrasah harus mensupervisi gurunya di madrasah masing-masing menggunakan instrument supervisi terbaru KMA 624 tahun 2021.

“Kami senang sekali mengikuti kegiatan PKB ini karena selain mendapatkan ilmu .yang berkaitan tugas dan fungsi selaku kepala madrasah juga sebagai media para pengelola madrasah tsanawiyah untuk meningkatkan hubungan kerjasama dan kekeluargaan serta ikatan emosional kita makin kuat” ungkap Nuruddin.

Humas Tsabiwa

Dokumentasi PELATIHAN PKB Kepala Madrasah KKMTs Kec. Sakra Barat 7-12 November 2022

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

LAPORAN ON JOB LEARNING SUPERVISI AKADEMIK PKB KEPALA MADARSAH TAHUN 2022

Sab Nov 19 , 2022
Laporan On Job Learning (OJL) Supervisi Akademik PKB Kepala Madrasah Tahun 2022 Oleh Nuruddin,M.Pd (Kepala MTs Birrul Walidain NWDI Rensing) SEBAGAI LAPORAN AKHIR TUGAS PELATIHAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) KEPALA MADRASAH TAHPA II TAHUN 2022 MTS BIRRUL WALIDAIN NW RENSING KEC. SAKRA BARAT KAB. LOMBOK TIMUR  BAB I PENDAHULUAN A.  […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing