Sebelum Mulai Belajar, Santri Tsabiwa Rutin Baca Shalawat Di Pagi Hari Jum’at

 Tsabiwanews. Santri/santriwati Madrasah Tsanawiyah Birrul Walidain (Tsabiwa) NWDI Rensing setiap pagi Jum’at rutin membaca shalawat kepada baginda Rasulullah SAW, secara bersama-sama mereka membaca ratusan shalawat yang dipimpin oleh salah seorang perwakilan kelas yang bertugas secara bergiliran tiap pagi jumat dan didampingi oleh kepala madrasah dan dewan guru.

Sebagaimana telah kita ketahui hari jumat merupakan hari istimewa bagi umat Islam. Sebab terdapat keutamaan-keutamaan di dalamnya, untuk itu umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di hari tersebut. Salah satu anjuran untuk dibaca pada hari jumat adalah membaca shalawat kepada baginda Rasulullah SAW.

 

Perintah Allah SWT untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW tertuang dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 56, yang artinya “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS Al Ahzab ayat 56)

Baca juga :  Membuat Anyaman Piring Berbahan Gelas Plastik Bekas Minuman Ale-Ale dan Teh Rio

 

Anjuran bershalawat datang juga dari baginda Rasulullah SAW sebagaimana sabdaNya : “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro)

 

Di hadits lain juga disebutkan “Pebanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untuku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali”. (HR Al-Baihaqi).

Kepala Tsabiwa Nuruddin,M.Pd mengatakan bahwa pembiasaan santri/santriwati membaca shalawat secara bersama-sama di pagi jumat dihajatkan agar para santri terbiasa bershalawat kepada nabi dan semakin menambah mahabbah santri kepada Nabi Muhammad SAW sehingga diharapkan kebiasaan membaca shalawat ini akan dilakukan setiap saat baik secara sendiri atau bersama-sama. Amalan shalawat ini adalah amalan ringan yang tidak memiliki persyaratan khusus sehingga mudah dibaca oleh setiap santri/santriwati baik dalam kedaan duduk, berdiri, berjalan atau berlari.

Baca juga :  Daftar Nama MI dan MTs Penerima Dana BOS dan Tambahan BOS Triwulan IV

Selain itu dengan shalawat ini insyaallah akan menambah keberkahan bagi santri/santriwati khususnya dalam menunut ilmu.

Humas Tsabiwa

Dokementasi :

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

Khitobah Sebagai Cara Melatih Kemampuan Komunikasi Santri Tsabiwa di Depan Publik

Sab Sep 3 , 2022
Tsabiwanews._ Banyak cara dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Birrul Walidain (Tsabiwa) NWDI Rensing untuk melatih keberanian santri-santriwatinya dalam berkomunikasi di depan publik salah satunya adalah melalui latihan khitobah atau yang biasa dikenal dengan pidato.   Tampil berbicara didepan publik atau orang lain tidaklah mudah apalagi bagi seorang santri yang dipandang langsung […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing