Rapat KKM MTs Sakra Barat Bahas Persiapan Supervisi Akademik dan ANBK 2022

 Tsabiwanews. Kelompok Kerja Madrasah (KKM)Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Sakra Barat pada hari Selasa,30 Agustus 2022 kemarin menggelar rapat persiapan supervisi manajerial dan Akademik serta Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang bertempat di lesehan Tropical Keruak.

 

Hadir dalam rapat tersebut Pengawas Pembina Kementerian Agama Lombok Timur Drs. H. Masrun, M. Pd, Ketua KKM MTs Sakra Barat Muslihin, S. Pd, pengurus KKM dan kepala madrasah anggota KKM MTs Kecamatan Sakra Barat diantaranya kepala MTS Negeri 4 Lombok Timur, MTs NW Rensing, MTs Al-Mukhtary NW Bungtiang, MTs Birrul Walidain NW Rensing, MTs NW Bagik Nyala, MTs Darul Abidin NW Gerisak Semanggleng , MTs NW Bungtiang, MTs NW Gunung Rajak, MTs NW Mengkuru, MTs NW No. 2 Rensing, MTs NW Pengkelak Mas, MTs NW Sukarara, MTs NW  Tampih, MTs Darul Fatihin NW Gerintuk, MTs NW Pejaring, MTs NW Kembang Are, MTs Jauharunnawiyah Wal Arsyadiyah NW Borok dan MTs Mamba`ul Barokah NW Borok.

 

Ketua KKM MTs Sakra Barat yang juga Kepala MTs Negeri 4 Lombok Timur Muslihin,S.Pd menjelaskan bahwa rapat ini merupakan rapat rutin anggota KKM MTs dalam rangka mempersiapkan supervisi akademik dan manejerial dan persiapan jelang Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan dilaksanakan pada bulan September 2022. Selain itu rapat juga untuk mengevaluasi program dan kegiatan KKM MTs yang sudah terlaksana pada tahun pelajaran 2021/2022 lalu sehingga hasil evaluasi menjadi perbaikan pada tahun  ajaran 2022/2023.

Baca juga :  Informasi Beasiswa S2 Bagi Guru Madrasah Tahun 2013

 

Sementara itu pengawas pembina Kementerian Agama Lombok Timur Drs. H. Masrun, M. Pd selaku nara sumber menjelaskan tentang implementasi kurikulum merdeka (IKM) bagi madrasah tsanawiyah di lombok timur pada tahun pelajaran 2022-2023 hanya berlaku untuk beberapa sekolah negeri saja sesuai SK Dirjen Pendis kemenag RI. Sedangkan untuk ANBK jenjang SMP/MTs akan digelar pada bulan September 2022 yakni tanggal 12-15 September 2022 adalah Gladi bersih, tanggal 16-18 September 2022 untuk Sinkronisasi dan pelaksanaan ANBK Utama akan dilaksanakan pada tanggal 19-22 September 2022.

“Kepala mdrasah perlu menyiapkan diri bersama perangkat sumber daya yag ada di madrasah masing-masing terutama berkaitan dengan ANBK sehingga dapat dilaksanakan dengan lancar pada hari H sedangkan untuk IKM ini insyaallah akan serentak bagi semua madrasah dapat dilaksanakan tahun pelajaran 2022/2023 mendatang dan sekarang kepala madrasah perlu memahami terlebih dahulu tentang kurikulum merdeka ini lebih awal sehingga pada waktunya nanti saat diberlakukan secara nasional bagi madrasah maka kita sudah siap”. Kata H.Masrun.

Baca juga :  Pengawas Pendais Kemenag Lotim Bina Guru

 

Lanjut H.Masrun menjelaskan tentang supervisi akademik dan manjerial ini merupakan program kantor kementerian agama Lombok timur sebagai upaya untuk pemulihan paska covid 19 sehingga pada bulan September secara bertahap akan dimulai untuk mensupervisi dan pembinaan kepada kepala madrasah dan dewan guru baik jenjang MI/MTs dan MA. “untuk bulan September ini SK pengawas madrasah dan madrasah yang menjadi lokasi supervisi sudah keluar dan bagi madrasah yang mendapat jadwal agar menyiapkan diri sebaik-baiknya” ungkap H.Masrun.

 

Supervisi pembelajaran merupakan instrumen penjaminan mutu pembelajaran di madrasah. Supervisi pembelajaran memiliki fungsi penting untuk menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing guru- guru agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi pembelajaran di madrasah secara professional. Pada semester ganjil ini ada 4 standar yang akan disupervisi yakni standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan dan standar pendidik dan tenaga kependidikan sedangkan 4 standar lainnya akan disupervisi pada semester genap.

Baca juga :  SAMBUTAN MENTERI AGAMA PADA PERINGATAN HARI AMAL BAKTI KE-68 KEMENTERIAN AGAMA RI,TANGGAL 3 JANUARI 2014

 

Usai rapat kepada humas Tsabiwanews, Kepala MTs Birrul Walidain (Tsabiwa) NWDI Rensing Nuruddin,M.Pd mengatakan bahwa rapat KKM MTs ini sangat penting diikuti sebagai media memperkuat silaturrahmi dan kebersamaan antar kepala madrasah selaku pengelola lembaga pendidikan agar segala kepentingan madrasah bisa terlaksana dengan mudah. “tak hanya sebatas bicara program KKM tapi ikatan emosional dan prinsip taawun atau saling tolong menolong dalam kemajuan madrasah perlu terjaga antar sesama kepala madrasah yang memiliki cita-cita mulia yakni mencerdaskan anak bangsa” kata Nuruddin.

Humas Tsabiwa

 

Foto-foto rapat KKM MTS Kec. Sakra Barat

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

RPP LENGKAP BAHASA INGGRIS KELAS 9 MTS TP 2022-2023

Kam Sep 1 , 2022
Tsabiwanews. Berikut perangkat pembelajaran lengkap Bahasa Ingris Kelas IX semester ganjil K-13 berisi RPP, Program tahunan, program semester, pemetaan indikator, analisis waktu, Silabus, KKM, dan RPP tinggal edit saja. SILAHKAN DOWNLOAD DI BAWAH INI :   KLIK DOWNLOAD RPP LENGKAP BHS INGGRIS KELAS 9 MTS BW NWDI RENSING Baca juga […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing