Penguatan Karakter Religius Santri Melalui Pembiasaan Membaca Zikir Doa

 Tsabiwanews. Madrasah Tsanawiyah Birrul Walidain (Tsabiwa) NWDI Rensing sebagai salah satu lembaga pendidikan islam ikut berperan dalam pembentukan karakter peserta didik nya yang unggul dan berakhlak mulia. Pendidikan karakter merupakan pondasi yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak. Hal itu dapat tumbuh melalui kegiatan pembiasaan yang positif. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk memberikan pembiasaan yang baik di madrasah adalah membaca bacaan zikir dan doa.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk literasi kepada santri/santriwati terhadap amalan dalam pemahaman keagamaan yang diyakininya. Adapun bacaan zikir yang dibaca dan diamalkan setiap pagi sebelum masuk belajar ke dalam kelas adalah membaca hizib nahdlatul wathan, membaca alquran dan menghapal teks bacaan zikir setelah sholat, bacaan solat jenazah,  zikir untuk mayit, talqin mayit, doa-doa pendek sehari-hari, lafaz dan doa solat sunah dan  asmaul husna.

Baca juga :  MEMBANGUN UKHUWAH ISLAMIYAH BERDASARKAN AL QUR’AN DAN HADITS

Zikir merupakan proses mengingat Allah SWT baik secara lisan maupun hati. Namun sebagai bentuk latihan haruslah dibaca secara lisan agar hati bisa mengikuti secara perlahan. Untuk teks bacaan zikir dan doa tersebut santri/santriwati telah disiapkan oleh madrasah sehingga ada keseragaman bacaan yang dibaca.

Kepala Madrasah Tsabiwa Nuruddin,M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan pembiasaan membaca zikir doa ini sebagai bentuk mendidik dan membiasakan santri/santriwati sehingga bacaan zikir dan doa itu bisa dihapal dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain membaca zikir/doa tadi juga ada kegiatan praktik solat untuk menguji kemahiran bacaan santri dan praktik solat jenazah serta talqin mayit sehingga pada saatnya nanti semua santri/santriwati siap dipakai di tempat tinggalnya.

Baca juga :  Program Tahfidz Alqur'an Tsabiwa Sebagai Upaya Mencintai Alqur'an

Pemahaman ilmu agama merupakan hal penting yang harus ditanamkan pada santri/santriwati, salah satunya adalah pengenalan dan pembiasaan bacaan dalam beribadah. Karena apa yang dikenalkan dan dibiasakan sejak dini akan menjadi dasar beragama hingga mereka dewasa.

Humas Tsabiwa

www.mtsbirrulrensing.com

Foto-foto kegiatan baca zikir dan doa

 

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

Rapat KKM MTs Sakra Barat Bahas Persiapan Supervisi Akademik dan ANBK 2022

Rab Agu 31 , 2022
Tsabiwanews. Kelompok Kerja Madrasah (KKM)Madrasah Tsanawiyah Kecamatan Sakra Barat pada hari Selasa,30 Agustus 2022 kemarin menggelar rapat persiapan supervisi manajerial dan Akademik serta Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang bertempat di lesehan Tropical Keruak.   Hadir dalam rapat tersebut Pengawas Pembina Kementerian Agama Lombok Timur Drs. H. Masrun, M. Pd, […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing