ADAB-ADAB PERSAUDARAAN

Bagikan Yuuk

Oleh : NOPA JULIA kelas 8-A MTS BIRRUL WALIDAIN NWDI RENSING
Disampaikan pada lomba pidato islami Mabiwa Islamic Competition (MIC) ke-IV 2022 (21-27 Mei 2022)

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena kita semua pada saat ini masih diberikan nikmat iman, islam, sehat dan kesempatan oleh Allah untuk berkumpul di kegiatan yang sangat luar biasa ini.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw (Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad Waala ali sayyidina Muhammad), kepada keluarganya, para sahabatnya dan semoga kelak kita mendapat syafaat darinya. Amiin

Yang saya hormati kepala MABIWA dan para dewan guru
Yang saya hormati para dewan juri
Yang saya hormati para panitia MIC (em ai si) ke-IV MABIWA NWDI Rensing
Yang saya hormati para hadirin-hadirat yang hadir pada kesempatan ini

Baca juga :  BAHAYA LISAN PADA HUBUNGAN PERSAUDARAAN

Hadirin sekalian rahimakumullah,

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul “Adab-Adab Persaudaraan”
Hadirin yang berbahagia,
Kita semua bersaudara diatas Islam dan Iman. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّـهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ ﴿١٠﴾
“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Hujurat : 10)

Karena kaum mukminin itu bersaudara, berarti hendaknya kita memperhatikan adab-adab yang harus kita jaga didalam masalah persaudaraan ini. Hal ini agar persaudaraan ini tidak mudah pecah dan mempunyai nilai ibadah disisi Allah subhanahu wa ta’ala. Selain itu juga agar persaudaraan akan terus berlanjut sampai akhirat nanti.

Persaudaraan yang terjadi karena dunia, dia tidak akan kekal. Tetapi ketika persaudaraan karena Allah, maka dia akan terus sampai hari kiamat.

Dalam persaudaraan diperlukan adab-adab supaya tetap lenggeng. Apa saja ADAB-ADAB dalam PERSAUDARAAN itu diantaranya adalah :

Pertama, kita saling mencintai karena Allah.

Kita mencintai seseorang karena Allah, kita membenci seseorang juga karena Allah. Artinya persaudaraan yang kita jalin betul-betul murni karena Allah. Bukan karena satu kepentingan.

Baca juga :  INILAH 10 DOA ORANG TUA UNTUK ANAKNYA

Rasulullah shalallaahu alaihi wasalambersabda:
أَوْثَقُ عُرَى اْلإِيْمَانِ الْحُبُّ فِي اللهِ وَالْبُغْضُ فِي اللهِ
“Sekuat-kuatnya tali iman adalah cinta karena Allah dan benci karena Allah.”(HR.At Tirmidzi)

Kedua, menyukai untuk saudara kita apa yang kita sukai untuk diri kita.

Ini ditunjukkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW :

لا يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ
“Seseorang diantara kalian tidaklah sempurna imannya jika belum bisa mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kalau kita tidak suka aib kita ditebar, berarti kita jangan suka menebar aib orang lain. Kalau kita tidak suka ketika hati kita disakiti, maka kita pun jangan menyakiti hati orang lain. Kalau kita tidak suka dengan orang yang berbicara kasar kepada kita, maka kita pun jangan berbicara kasar kepada orang lain.

Ketiga, persaudaraan hendaknya seperti cermin.

Disebutkan dalam hadits bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
الْمُؤْمِنُ مِرَآةُ أَخِيْهِ
“Mukmin itu cermin untuk saudaranya” (HR. Ahmad)

Baca juga :  Meriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Tsabiwa Ikuti Lomba Gerak Jalan Indah

Ketika kita berkaca, maka cermin akan memperlihatkan sesuatu persis seperti yang kita lakukan. Kalau kita tertawa, maka cermin akan tertawa. Kalau kita diam, cerminnya juga akan diam. Kalau kita sedih, maka dicermin itu pun akan sedih.

Keempat, tolong-menolong didalam kebaikan dan ketakwaan.

Kalau kita mempunyai saudara yang susah. Bantulah sesuai dengan kemampuan kita. Ketika saudara kita lalai, kita berusaha untuk mengingatkan. Kalau saudara kita sedang berada diatas kebaikan, kita berusaha untuk memberikan motivasi.

Jadi Islam selalu mengajarkan kebaikan dalam setiap hal di kehidupan manusia. Segalanya tidak terlepas dari agama. Termasuk dalam urusan persaudaraan, segalanya telah tertuang dan tertulis jelas dalam panduan agama. Semoga kita bisa menjalin persaudaraan yang lillahi ta’ala dan meraih syurga-Nya bersama.

Demikianlah empat adab-adab dalam persaudaraan yang patut kita amalkan agar tercipta harmoni dalam kehidupan ini. Semoga apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat.
Sekian dan terima kasih

Wallahul muwaffiqu Walhadi Ilasabilirasyad
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh


Bagikan Yuuk

Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

MEMBANGUN UKHUWAH ISLAMIYAH BERDASARKAN AL QUR’AN DAN HADITS

Sen Mei 30 , 2022
Bagikan Yuuk Share on Facebook Tweet it Share on Reddit Pin it Share it Email Oleh : ZAKI KHOTAMI Siswa kelas 8-A MTS BIRRUL WALIDAIN NWDI RENSING Disampaikan pada lomba pidato islami Mabiwa Islamic Competition (MIC) ke-IV 2022 (21-27 Mei 2022) Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing