Lima Tahun Tsabiwa Kelola Website dan Media Sosial

Tsabiwanews. Tak terasa tanggal 1 Nopember 2016 ini menjadi tanggal istimewa bagi MTs Birrul Walidain NW Rensing (Tsabiwa), ya bagaimana tidak pasalnya 5 tahun lalu tepatnya 1 Nopember 2011 media online berbasis internet yaitu website dan media sosial Tsabiwa mulai pertama kali di luncurkan.

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini tidak bisa dipungkiri namun harus diikuti trendnya karena kemajuan suatu bangsa dalam era global sangat tergantung pada kemampuan masyarakatnya dalam memanfaatkan pengetahuan untuk meningkatkan produktivitas. Masyarakat seperti ini dikenal dengan istilah masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Siapa yang menguasai pengetahuan maka ia akan mampu bersaing dalam era global. Dryden & Voss dalam Utomo (2008) “Dunia telah berubah. Dewasa ini kita hidup dalam era informasi/global. Dalam era informasi, kecanggihan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah memungkinkan terjadinya pertukaran informasi yang cepat tanpa terhambat oleh batas ruang dan waktu”.

 

Pemanfaatan Iptek sudah menjadi kebutuhan dalam semua sektor baik oleh pemerintahan maupun swasta seperti pelayanan publik, perdagangan/bisnis, administrasi publik, pertahanan dan keamanan, kesehatan dan termasuk pendidikan.

 

Dalam dunia pendidikan peranan teknologi informasi sudah merambah ke semua jenjang pendidikan dan wilayah, baik sebagai media pembelajaran, sarana informasi maupun media sosial, pemanfaatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh guru dan siswa namun kepala sekolah/madarsah sebagai pemimpin harus lebih memahami penggunaannya dalam rangka membantu tercapainya visi misi dan tujuan sekolah, bagaimanapun juga seorang kepala sekolah harus memiliki kompetensi itu, terdapat 5 kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah/madrasah agar lembaga yang dipimpinnya bisa lebih maju dan dikelola dengan baik yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan, kompetensi supervisi dan kompetensi sosial.

Baca juga :  Jelang ANBK 2021,Siswa Tsabiwa Ikuti Gladi Bersih

 

Dalam kontek kompetensi manajerial sekolah maka seorang kepala sekolah dituntutuntuk dapat menjalankan kompetensi untuk mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan serta kompetensi untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah

 

Menyadari sekian banyak manfaat dan kegunaannya dalam menunjang keberlangsungan pendidikan madrasah menuju madrasah lebih baik, lebih baik madrasah serta madrasah berbasis teknologi informasi maka Kepala MTs BirulWalidain NW Rensing kec. Sakra Barat (Tsabiwa) Nuruddin,M.Pd sejak tanggal 1 Nopember 2011 lalu telah mengembangkan media online sebagai sarana berbagi informasi dan basis sumber data madrasah baik melalui media sosial seperti facebook, twitter maupun melalui website madrasah.

 

Semenjak tiga tahun diangkat sebagai kepala madrasah nuruddin mulai merintis dengan membuat website resmi MTs Birrul Walidain NW Rensing Kec. Sakra Barat Kaab. Lombok Timur yaitu www.mtsbirrulrensing.com, website berbayar ini di kelola oleh bagian hubungan masyakarat, tata usaha dan juga kepala madrasah memiliki ratusan ribu pengunjung dan ratusan berita, kemudian untuk mendekatkan madrasah dengan, guru,siswa dan masyarakat melalui media sosial facebook resmi madrasah yaitu MTs Birulwalidain NW Rensing dan Twitter madrasah yaitu @tsabiwa.

Baca juga :  PENGUMUMAN PENERIMAAN CPNS SUMBAWA BARAT DAN LOMBOK UTARA 2013

 

Madrasah yang bernaung di bawah Ponpes Birrul Walidain NW Rensibg ini dalam pengelolaan media online (facebook, twitter maupun website) ini sejak 1 Nopember 2011 lalu hanya menggunakan pulsa modem sebagai alat untuk mengakses berita ataupun informasi namun hal itu terasa masih belum cukup karena pengguna dan pemakai secara terbatas mengakses informasi tersebut sehingga untuk menjangkau lebih luas dengan memberikan kemudahan kepada guru, tata usaha dan siswa dalam mengaksesnya maka pada akhir bulan Nopember 2015 lalu dipasang jaringan internet indihome dari telkom plus wifi. Dengan dipasangnya jaringan internet maka guru dan siswa bisa berselancar atau mencari media pembelajaran atau materi ajarnya menggunakan wi-fi secara gratis.

 

Khusus untuk website madrasah untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi tidak perlu lagi ketik nama website lengkapnya maka kepala madrasah Nuruddin pada tanggal 18 mei 2016 meluncurkan aplikasi APK untuk HP/tab android sehingga dengan install apliksai web MTs Birrul (tanda logo) ini di layar utama HP/tab maka akan langsung tersambung ke website mts birrul walidain nw rensing.

Baca juga :  Ini Jadwal Pengambilan Dana BOS MI dan MTs Se Lombok Timur Tahap II Tahun 2015

 

Selain media online sebagai sarana informasi, kepala madrasah juga berlangganan koran radar lombok sejak 2011 lalu guna memenuhi kebutuhan informasi dewan guru dan siswa sehingga madrasah tidak buta informasi.

 

Kepala madrasah terus mendorong agar media ini bisa dimanfaatkan maksimal untuk meningkatkan pendidikandi madrasah, mengembangan pembelajaran serta mencari informasi. 

Media silaturrahmi MTs Birrul Walidain NW Rensing baik di facebook/twitter dan website resmi kini sudah 5 tahun berdiri sejak didirikan dan dikembangkan mulai pada 1 Nopember 2011 lalu hingga 1 Nopember 2016 ini.

“Berbagi Adalah Sedeqah dan Berilah Manfaat Walau Hanya Lewat Rangkaian Kata-Kata”

(Humas)

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

Camat Sakra Barat Lepas Kontingen Tsabiwa Yang Ikuti LT III Lotim

Sen Nov 14 , 2016
Tsabiwanews. Camat Sakra Barat H.Muhsan,SP hari Senin, 14 Nopember 2016 dihalaman Ponpes Birrul Walidain NW Rensing melepas dua regu putra-putri pramuka penggalang Kwartir Ranting Kec. Sakra Barat dalam hal ini diwakili siswa-siswi MTs BirulWalidain NW Rensing (Tsabiwa) yang akan mengikuti Lomba Tingkat (LT III) kab.Lombok Timur tanggal 19-22 Nopember 2016 […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing