62 Orang Guru Bahasa Inggris Wilayah Lombok Ikuti KGI ELT Workshop

Acara Pembukaan ELT Workshop (14/3/2015)

Tsabiwanews. Kegiatan Workshop Pengajaran Bahasa Inggris atau English Language Teaching (ELT) Workshop bagi guru SMP/MTs pada hari Sabtu, 14 Maret 2015 bertempat Ruang serbaguna MTs Birrul Walidain NW Rensing Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur berjalan lancar dan sukses diikuti oleh 62 Orang Guru baik yang ada di Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat. Workshop sehari ini dimulai sejak 07.30-15.30 Wita ini diselenggarakan oleh Madrasah Tsanawiyah Birrul Walidain NW Rensing Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur bekerja sama dengan Australian Aid Program Kang Guru Indonesia (KGI) yang berkantor di Denpasar Bali.

Dalam laporan panitia sekaligus sambutan Kepala MTs Birrul Walidain NW Rensing Nuruddin,M.Pd pada acara pembukaan workshop mengatakan bahwa pelaksanaan English Language Teaching (ELT) Workshop bagi guru SMP/MTs di Rensing Lombok Timur sendiri untuk kali kedua setelah 11 tahun silam tepatnya tahun 2004 di adakan workshop pengajaran bahasa inggris di Selong dimana saat itu Kapten Kang Guru Radio English (KGRE) yang kini telah berganti nama dengan Kang Guru Indonesia (KGI) yakni Mr. Kevin Dalton dan pada tahun 2015 ini baru bisa dilaksanakan kembali. “Para guru bahasa inggris sebetulnya sudah lama mengharapkan kahadiran KGI untuk memberikan materi workshop dan baru bisa terjadi bulan maret ini tentu sudah banyak mengalami perbedaan baik dari sisi materi yang disampaikan dari KGI maupun lokasi “ kalau materi sudah terintegrasi dengan kuriklum 2013 materi Lapis Eltis, dan KGI punya sedangkan lokasi pelaksanaan worskhop kalau dulu di ibu kota kabupaten sekarang di desa Rensing atau wilayah ibu kota kecamatan meski demikian para peserta tetap antusias mengikutinya,” Jelas Nur.

Baca juga :  MTs BW ikut meriahkan HAB ke 67 Kementerian Agama

Peserta ELT Workshop

Tujuan diadakannya Workshop Pengajaran Bahasa Inggris kata pria yang juga Sekretaris Umum Yayasan Pondok Pesantren Birrul Walidain NW Rensing ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan keilmuan guru dalam pengajaran bahasa inggris, melatih guru untuk mengembangkan materi pengajaran bahasa inggris serta melatih guru untuk menggunakan metode dalam mengajar siswa lebih variatif dan menantang dengan menggunakan materi yang telah dikemas oleh Kang Guru Indonesia perpaduan antara materi Lapis Eltis-KGI yang diadopsi sesuai K-13.

Dalam kesempatan itu pula Nuruddin menyampaikan terima kasih kepada Australian Aid Program-Kang Guru Indonesia (KGI) yang telah mempercayakan MTs Birrul Walidain NW Rensing sebagai pelaksana kegiatan workshop untuk wilayah Lombok dan berharap KGI kedepan bisa lebih sering mengadakan ELT workshop di Lombok “ kami siap menjadi pelaksana kegiatan KGI dan mempasilitasi para guru bahasa inggris untuk meningkatkan profesionalismenya dalam mengajar” tambah Nuruddin.

Baca juga :  NAMA-NAMA JUARA KELAS VII-VIII SEMESTER GENAP TP. 2021-2022

Sementara itu Pengawas Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kementerian Agama Lombok Timur H. Muhammad Saleh,S.Ag,M.Pd yang didaulat untuk membuka acara dalam sambutannya mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan workshop oleh MTs Birrul Walidain NW Rensing kerjasama dengan KGI ini patut diapresiasi karena kegiatan semacam ini jarang terjadi dan sangatlah penting dalam rangka untuk meningkatkan kualitas guru hususnya bagi guru madrasah “ kami sangat senang dan berharap KGI terus menerus membina guru-guru madrasah di Lombok Timur tentu pelaksanaan workshop ini akan memberikan kontribusi positif bagi kualiatas pendidikan di madrasah Lombok Timur khususnya dan madrasah wilayah Lombok pada umumnya” kata H.Saleh.

ELT Workshop Specialist Bu Ana Andra saat menyampaikan materi

Ia pun berharap semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan menerapkan ilmu yang diperoleh dari nara sumber di dalam kelas sehingga para siswanya lebih senang dan cepat mengerti materi pelajaran bahasa inggris “ bahasa inggris kita tahu bahasa yang yang agak sulit dipahami oleh siswa namun dengan adanya workshop ini para guru diberikan ilmu cara mengajar agar materi yang sulit itu bisa jadi mudah, yang bosan bisa jadi senang”. harap H. Saleh.

Pembukaan Workshop Pengajaran Bahasa Inggris atau English Language Teaching (ELT) Workshop bagi guru SMP/MTs ini dihadiri oleh Pengawas Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kementerian Agama Lombok Timur H.Muhammad Saleh,S.Ag,M.Pd, Ketua Umum Yayasan Pondok Pesantren Birrul Walidain NW Rensing Ust. H.M. Zulfadli,S.Pd.I, Dewan Pendiri Yayasan serta dari Tim KGI

Baca juga :  Persiapkan Siswa Hadapi ANBK, Tsabiwa Gelar Simulasi

ELT Workshop ini dipandu langsung oleh dua orang pembiaca dari Tim Kang Guru Indonesia yakni Mr. Gregory Worrell dan Miss Rakhma Diana Sari atau yang biasa dipanggil mbak Ana Andra.

Materi workshop ini dibagi dua yakni pertama Strategies and activities for teaching listening and reading, kedua Developing language skills using games and songs. Selama kegiatan workshop berlangsung antusiasme peserta sangatlah tinggi tak satupun peserta meninggalkan lokasi workshop hingga acara berahir. Pada akhir acara para peserta juga diberikan sertifikat dan materi Elanglish Language Learning (ELL) kit berupa satu tas besar di dalamnya ada 3 tas kecil yang berisi paket materi pengajaran bahsa inggris untuk siswa di kelas 7, kelas 8 dan kelas 9. (humas)

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

UAMBN 2015 tingkat Madrasah Tsanawiyah Selesai di Gelar

Kam Mar 26 , 2015
Tsabiwanews. Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tingkat Madrasah Tsanwiyah tahun pelajaran 2014-2015 usai digelar. UAMBN tingkat MTs ini dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Senin 23 Maret hingga Rabu, 25 Maret 2015. MTs Birrul Walidain NW Rensing sebagai salah satu madrasah penyelenggara UAMBN telah melaksakannya dengan baik dan […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing