Sambutan Gubernur NTB Pada Upacara Peringatan HUR RI Ke 71 Tahun 2016

Sambutan Gubernur NTB Pada Upacara Peringatan HUR RI Ke 71 Tahun 2016

Sambutan Gubernur Nusa Tenggara Barat
Pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71
Kemerdekaan Republik Indonesia
Rabu, 17 Agustus 2016

Bismillahirrahmaanirrahiim.
Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuhu
Alhamdulillahirabbil alamiin, assholatuwasalamu ala asrofil ambiya iwal mursalin, syaiyidina muhammadin waala alihi washahbihiajmaiin,ammaba’du.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.
Para peserta upacara yang saya hormati.

Alhamdulillah wasyukurillah, puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, yang telah memberikan karunia nikmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini, kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk turut serta, bersama-sama memperingati hari bersejarah bagi bangsa indonesia,Hari Ulang Tahun ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia.

Di usia yang ke-71 tahun, Republik Indonesia makin dewasa sebagai bangsa merdeka. Berjuta pulau berjejer dari sabang sampai marauke, laksana zamrud khatulistiwa bersatu padu mengokohkan negara kesatuan Republik Indonesia. Ratusan juta penduduk dengan beragam etnis dan budaya yang mendiaminya, terus berbenah mengisi ruang-ruang pembangunan diseluruh bidang menuju masyarakat adil dan makmur. Di tengah kehidupan global yang makin terbuka dan kompetitip, bangsa indonesia terus berupaya membangun kemandirian dan memperjuangkan tata hubungan internasional yang saling menguntungkan untuk menjaga eksistensi indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Tidak sedikit pula tantangan dari dalam maupun luar negeri yang harus dihadapi, semuanya membutuhkan semangat nilai-nilai perjuangan sebagaimana telah diwariskan oleh para pahlawan bangsa.

Untuk itu, momentum peringatan Hari Ulang Tahun proklamasi kemerdekaan ini hendaknya kita maknai bukan sebagai acara seremonial saja, namun sebagai wahana menyegarkan dan mengokohkan kembali semangat juang kita bersama dalam mengisi kemerdekaan berlandaskan nilai-nilai perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. Dalam nilai perjuangan itu terkandung nilai keimanan, kesabaran,persatuan, optimisme, keberanian dan sebagainya yang semuanya itu sangat berguna bagi bangsa kita menapaki pembangunan di masa kini dan masa-masa mendatang.

Para peserta upacara yang saya cintai

Perjuangan belum usai, kemerdekaan bukanlah akhir, tetapi awal dari perjuangan baru yang lebih sulit. Tidak saja melawan masalah dari luar tapi juga masalah dari dalam negeri melawan kemiskinan dan sebagainya. Sebagaimana presiden soekarno pernah berkata ”Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.
Oleh karena itu, marilah kita terus berjuang membangun bangsa dan daerah Nusa Tenggara Barat yang kita cintai. Bekerja nyata dengan segala kesungguhan hati sesuai peran yang kita emban masing-masing.

Peserta upacara dan hadirin yang berbahagia

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa. Berkat kerja nyata juga dari seluruh komponen masyarakat Nusa Tenggara Barat, pertumbuhan ekonomi NTB per semester satu tahun 2016 ini terus mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Angka pertumbuhan ekonomi NTB
Pertengahan tahun ini mencapai 9,92 persen merupakan pertumbuhan tertinggi di indonesia dan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Indikator ini merupakan resultant dari berbagai keberhasilan pelaksanaan pembangunan yang kita selenggarakan bersama. Semoga capaian ini menambah optimisme kita semua bahwa daerah Nusa Tenggara Barat bisa maju, setara dengan daerah lainnya dan memberi kontribusi signifikan bagi pembangunan nasional. Baru saja kita telah sukses menyelenggarakan MTQ Nasional ke-26 di kota Mataram setelah pada awal tahun ini Hari Pers Nasional juga terselenggara dengan baik. Berbagai pihak dari luar dan dalam negeri menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan event MTQ Nasional dua tahunan ini yang dinilai telah berjalan dengan sangat baik. Antusiasme masyarakat menyaksikan berbagai mata lomba MTQ menandakan semangat kecintaan pada al’quran, dan semoga ajaran alqur’an makin terpatri dalam sanubari dan terwujud dalam kehidupan sehari-hari.

Saya atas nama pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat menyampaikan ucapan terima kasih atas peran serta seluruh pihak dan masyarakat termasuk warga kita non muslim yang telah turut serta menyukseskan pelaksanaan MTQ nasional ke- 26. Semoga dengan kesuksesan pelaksanaan MTQ ini memberi semangat yang kuat bagi kita semua bahwa segala sesuatu yang kita ikhtiarkan sungguh-sungguh secara bersama-sama, dan pasti bisa kita wujudkan untuk kemanfaatan bersama dengan sebaik-baiknya.

Peserta upacara dan hadirin yang saya banggakan

Ke depan tentu masih banyak yang harus terus kita perjuangkan dalam mewujudkan masyarakat Nusa Tenggara Barat yang beriman, berbudaya, berdayasaing dan sejahtera. Perayaan Hari Ulang Tahun ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia semoga memberi semangat baru kepada kita semua, dan nilai perjuangan yang terkandung didalamnya mampu menginspirasi kita untuk berinovasi dan bekerja nyata dalam memantapkan ikhtiar membangun NTB yang lebih maju.
Dirgahayu Republik Indonesia
“Indonesia Kerja Nyata”

Wallahulmu waffiqwalhaadi ila sabilirrasyad.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.
Gubernur Nusa Tenggara Barat

Dr. TGH. M. Zainul Majdi

**di kutip dari sumber aslinya di “www.ntbprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.