Ikuti Program Pengembangan Profesi, Guru Matematika Tsabiwa ke Australia Selama Empat Pekan

Ikuti Program Pengembangan Profesi, Guru Matematika Tsabiwa ke Australia Selama Empat Pekan

Tsabiwanews. Guru Matematika MTs Birrul Walidain NW Rensing (Tsabiwa) Kec. Sakra Barat Kab.Lombok Timur Baiq Erni Murdiati, S.Pd pada hari Ahad, 3 September 2017 lalu  terbang menuju Australia untuk mengikuti program pengembangan profesi guru matematika SMP/MTs di University of Canberra Australia sejak tanggal 3-30 September 2017.

Dari Lombok Timur sendiri ada 3 orang guru yang akan berangkat yaitu guru matematika MTs Birrul Walidain NW Rensing Baiq Erni Murdiati, S.Pd, guru matematika MTs NW Sikur Hindun, S.Pd dan Muhibbin, S.Pd.Mat guru matematika SMPN 3 Pringgabaya.

Keberangkatan 25 orang guru Matematika SMP/MTs Negeri dan Swasta se Nusa Tenggara Barat ini dibiayai oleh pemerintah Australia merupakan bagian dari proyek Promoting Mathematics Engagement And Learning Opportunities For Disadvantaged Communities In West Nusa Tenggara, Indonesia yaitu proyek Pengembangan desain Pembelajaran Matematika ELPSA.

Desain pembelajaran ELPSA yaitu Experience, Language, Pictorial, Symbol dan Aplication merupakan satu kerangka kerja yang dapat digunakan dalam perancangan pembelajaran matematika dan program pengembangan guru yang dikemas untuk memudahkan guru menyampaikan materi dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk terlibat dalam pengembangan pemahaman tentang konsep kunci matematika.

MTs Birrul Walidain NW Rensing Ikuti Program Pengembangan Profesi, Guru Matematika Tsabiwa ke Australia Selama Empat Pekan   Program ELPSA di NTB ini oleh University of Canberra Australia mempercayakan IKIP Mataram sebagai pelaksana program bekerja sama dengan LPMP NTB, Kemenag dan Dikbud dimulai sejak tahun 2015 lalu yang dibiayai oleh pemerintah Australia dan MGMP ELPSA ini sudah tersebar di tiap kabupaten/kota se NTB.

Guru Matematika Tsabiwa Ponpes Birrul Walidain NW Rensing Baiq Erni Murdiati ketika ditemui humas Tsabiwa mengatakan bahwa keberangkatannya ke Australia ini adalah anugrah allah swt untuk dirinya dan madrasah tempat ia mengajar karena mendapat peluang mengikuti program pengembangan profesi guru internasional ini, mendapatkannya tidaklah mudah dimana sebelumnya telah mengikuti serangkaian proses seleksi di tingkat kabupaten dan Provinsi hingga dinyatakan lolos ke University of Canberra (UC). “Saya bersyukur kepada Allah SWT dan penyelenggra program ini bisa diberikan kesempatan untuk mengembangkan desain pembelajaran ELPSA dan saya akan berikhtiar membawa nama baik madrasah dan belajar dengan dengan sungguh-sungguh memperdalam pemahaman tentang desain pembelajaran ELPSA ini nanti di UC “. Kata Baiq Erni.

Dikatakan Erni yang juga guru Matematika di MA Birrul Walidain NW Rensing Mabiwa NW Rensing ini bahwa keberangkatannya ke Australia selama 1 bulan ini sebagai tindak lanjut MGMP ELPSA dan workshop pengembangan profesi di provinsi dan akan ia jadikan sebagai sarana menuntut ilmu dan menyegarkan kembali pemahaman tentang konsep konsep matematika agar mengajar lebih menarik dan siswa lebih senang.

MTs Birrul Walidain NW Rensing Ikuti Program Pengembangan Profesi, Guru Matematika Tsabiwa ke Australia Selama Empat Pekan   MTs Birrul Walidain NW Rensing Ikuti Program Pengembangan Profesi, Guru Matematika Tsabiwa ke Australia Selama Empat Pekan   Sementara itu kepala MTs Birrul Walidain NW Rensing (Tsabiwa) Nuruddin, M.Pd mengatakan bahwa terpilihnya guru matematika Tsabiwa ke University of Canberra Australia menjadi kebanggaan bagi madrasahnya karena kesempatan semacam ini jarang terjadi dan tentu ini menjadi bagian syiar Tsabiwa untuk menjadi madrasah lebih baik dalam meningkatkan kualitas gurunya yang diharapkan bisa berimbas kepada santri-santriwatinya untuk lebih mudah memahami matematika. ” ini menjadi kesyukuran dan kebanggaan bersama, bagaimana tidak karena sebelumnya pada tahun 2016 lalu seorang santriwati Tsabiwa mengikuti Jambore Nasional Pramuka di jakarta namun pada tahun 2017 ini giliran guru matematika Tsabiwa yang mengikuti program pengembangan profesi guru internasional di Australia dan tentu ini menjadi semangat baru bagi keluarga besar Tsabiwa untuk terus berikhtiar dan tetap berjuang demi pendidikan di madrasah yang bermutu”. kata Nuruddin.

Selamat  ibu guru semoga tetap sehat dan mendapatkan ilmu yang berkah.

Humas Tsabiwa

Leave a Reply