KMA Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah

Tsabiwanews. Perubahan yang sangat cepat dalam kehidupan dan tuntutan dunia global hams diantisipasi dan direspon oleh dunia pendidikan. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi membawa perubahan yang besar dalam pola dan gaya hidup umat manusia. Diperkirakan perubahan itu akan terus berjalan maju dan menuntut perubahan dalam cara pandang, cara bersikap dan bertindak masyarakat termasuk generasi penerus bangsa ini.

Kurikulum madrasah harus bisa mengantisipasi perubahan itu dan merespon tuntutan zaman yang selalu berubah. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab diarahkan untuk menyiapkan peserta didik madrasah mampu beradaptasi dengan perubahan sehingga lulusannya kompatibel dengan tuntutan zamannya dalam membangun peradaban bangsa.

Baca juga :  Silabus dan RPP SMP-MTs Kurikulum 2013 Lengkap

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah secara bertahap diarahkan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik terkait dengan akidah akhlak, syariah dan perkembangan budaya Islam, sehingga memungkinkan peserta didik menjalankan kewajiban beragama dengan baik terkait hubungan dengan Allah SWT maupun sesama manusia dan alam semesta.

Maksud dan Tujuan 
Maksud : Pedoman implementasi ini dimaksudkan sebagai panduan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum di madrasah.

Tujuan: Pedoman implementasi Kurikulum ini bertujuan untuk standarisasi implementasi Kurikulum di Madrasah dan memberikan kesempatan kepada madrasah untuk berinovasi dalam mengimplementasikan kurikulum madrasah.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup pedoman implementasi kurikulum madrasah ini meliputi:

  1. Struktur kurikulum;
  2. Pengembangan implementasi kurikulum;
  3. Muatan lokal;
  4. Ekstrakurikuler;
  5. Pembelajaran pada madrasah berasrama; dan
  6. Penilaian hasil belajar.
Baca juga :  Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Arab

Inovasi dan pengembangan kurikulum madrasah dapat dilakukan pada:

  1. struktur kurikulum (kelompok B),
  2. alokasi waktu,
  3. sumber dan bahan pembelajaran,
  4. desain pembelajaran
  5. muatan lokal, dan
  6. ekstrakurikuler.

 

Lebih lengap silahkan DOWNLOAD DISINI

Bagikan Yuuk

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

Intrumen Akreditasi SMP/MTS 2017

Sab Agu 17 , 2019
Tsabiwanews. File ini merupakan instrumen resmi akreditasi yang terbaru sebagaimana lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 003/H/AK/2017 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). perangkat akreditasi SMP/MTs dalam format PDF ini pun terdiri atas empat bagian utama yang meliputi: Instrumen Akreditasi Petunjuk […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing