Kampanyekan Sarapan Sebelum Jam 9,Tsabiwa Luncurkan Program “Berayan Nyampah Gema Saselan”

Tsabiwanews. Seringnya para siswa terlambat sarapan bahkan tidak sarapan ketika berada di madrasah menjadi perhatian serius dari kepala madrasah Tsanawiyah Birrul Walidain NW Rensing (Tsabiwa) karena sarapan merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak terutama didalam menerima pelajaran.

Guna mengkampanyekan pentingnya nyampah (sarapan) sebelum jam 9, Kepala MTs Birrul Walidain NW Rensing (Tsabiwa) Nuruddin, M.Pd pada hari Sabtu pagi, 29 Juli 2017 meluncurkan program baru Tsabiwa yaitu “Berayan Nyampah” Gerakan Madrasah Sarapan Sebelum Jam Sembilan (GEMA SASELAN) atau (Sarapan Bersama).

Dalam sambutannya Kepala MTs Birrul Walidain NW Rensing (Tsabiwa) Nuruddin, M.Pd mengatakan bahwa Program Berayan Nyampah GEMA SASELAN ini bertujuan untuk membiasakan para guru, pegawai dan siswa-siswi Tsabiwa agar sebelum mulai belajar terlebih dahulu sarapan sehingga proses belajar mengajar lebih konsentrasi dan perut tidak kosong. Selain itu program ini juga untuk mempererat hubungan kekeluargaan diantara civitas akademika Tsabiwa.

Baca juga :  SAMBUTAN MENTERI AGAMA PADA PERINGATAN HARI AMAL BAKTI KE-68 KEMENTERIAN AGAMA RI,TANGGAL 3 JANUARI 2014

“Program berayan nyampah sebelum jam 9 di madrasah ini akan rutin dilaksanakan setiap bulan di minggu ke empat supaya siswa-siswi, guru dan pegawai memiliki kesadaran penuh untuk selalu sarapan sebelum ke madrasah agar kuat secara fisik dan mental dalam belajar mengajar” ungkap Nur.

Pada saat bangun pagi, gula darah mengalami penurunan dan membuat anak menjadi lemas serta tidak bersemangat melakukan aktivitas. Namun selama ini, kebiasaan sarapan sehat ini belum menjadi perhatian utama bagi orang tua di karenakan keterbatasan waktu dan kurangnya pengetahuan mengenai kriteria sarapan sehat yang ideal dan kapan sebaiknya melakukan sarapan.

Mengutip pernyataan Ketua Umum PERGIZI Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah, dalam satu hingga dua jam setelah bangun pagi terjadi penurunan gula daran dan zat gizi di otak. Jika hal tersebut dibiarkan dengan tidak memasukkan makanan sebagai sumber nutrisi bisa membuat terganggunya konsentrasi belajar, hingga timbulnya rasa pusing dan perut keroncongan.

Baca juga :  Tsabiwa Kirim Dua Regu ke Lomba Ligarda III Tahun 2017 se Lotim

Seperti yang dilansir maraisehat.com mengungkap ada beberapa alasan kenapa harus sarapan sebelum jam 9 diantaranya Mengontrol gula darah, Mencegah diabetes atau kencing manis, Mencegah makanan berlebihan, Terhindar dari penyakit maag, Tubuh bisa memproduksi energi secara maksimal, Mengurangi lemak perut dan Meningkatkan daya pikir.

Jadi tidak ada alasan untuk kita menunda sarapan apalagi tidak sama sekali.

Humas Tsabiwa
www.mtsbirrulrensing.com

Bagikan Yuuk

Humas

Tinggalkan Balasan

Next Post

Pawai Alegoris Menyambut Hultah NWDI

Sab Jul 29 , 2017
Kontingen pontren Birrul Walidain NW Rensing mengucapkan salam kepada TGB di depan panggung penghormatan pawai alegoris menyambut Hultah NWDI. Terlihat Santriwan santriwati MTs Birrul Walidain NW Rensing melintasi penggung penghormatan barisan yayasan kurang lebih 600 orang santri yang diikutkan dari kurang lebih  964 santri yang ada. Pawai hultah tahun ini […]
Mts Birrul Walidain NW Rensing